Mari mengenal lebih tentang peta 🙂

1. Peta adalah suatu gambaran dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan Skala tertentu.

2. Skala adalah perbandingan jarak dalam suatu Peta dengan jarak yang sama di muka bumi.

3. Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

4. Data Geospasial adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi.

5. Informasi Geospasial adalah Data Geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

6. Peta Dasar adalah Peta yang menyajikan unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di permukaan bumi, digambarkan pada suatu bidang datar dengan Skala, penomoran, proyeksi, dan georeferensi tertentu.

7. Peta Rencana Tata Ruang Wilayah nasional menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:1.000.000, provinsi menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:250.000, Kabupaten menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:50.000, Kota menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:25.000. Untuk kota yang masih berada pada kabupaten menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:10.000, sedangkan untuk wilayah perkotaan yang mencakup 2-lebih wilayah kabupaten menggunakan Peta Dasar Skala Minimal 1:50.000.

Sumber : Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.8 Tahun 2013 tentang Ketelitian Peta Rencana Tata Ruang

#SharingIsCaring
#RegisterInfo
Be Spatial To Be Special

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *