[[ REGISTER INFO ]]

SISTEM PROYEKSI PETA

Bumi memiliki bentuk berupa ruang 3D melengkung yang menyerupai elip atau disebut dengan ellipsoid. Untuk merepresentasikan bentuk bumi ke dalam suatu bidang datar atau 2D perlu dilakukan transformasi. Transformasi inilah yang disebut dengan proyeksi. Proyeksi pada peta didefinisikan sebagai fungsi matematika pada permukaan bumi dan proyeksi lokasi pada peta. Pengkonversian dilakukan dari sistem referensi geografis (spherical) menjadi sistem planar (cartesian). Contoh pengkonversian ini adalah garis lintang (latitude) menjadi nilai X dan garis bujur (longitude) menjadi nilai y.

Ada beberapa contoh kasus untuk pemilihan sistem proyeksi, seperti:
1. Bentang barat timur dipetakan menggunakan proyeksi kerucut, normal, konform, dan menyinggung titik tengah, yang mana sistem ini dikenal dengan Proyeksi Lambert
2. Pemetaan untuk searah utara selatan, dipetakan menggunakan proyeksi silinder, transversal, konform, dan menyinggung meridian yang berada tepat di tengah wilayah pemetaan tersebut, yang mana sistem ini dikenal dengan Proyeksi Transcer Mercator atau Universal Transfer Konform
3. Pemetaan untuk sekitar kutub, menggunakan proyeksi azimuthal (bidang datar), normal, konform yang dikenal dengan Proyeksi Stereografis.

Salah satu sistem proyeksi yang sering digunakan adalah Sistem Proyeksi Universal Transverse Mercator (UTM). Proyeksi UTM dibuat oleh US Army sekitar tahun 1940. Proyeksi ini merupakan proyeksi transverse mercator yang memotong bola bumi pada dua buah meridian (garis bujur). Posisi horizontal 2D (x,y). Membagi permukaan bum menjadi 60 bagian yang mana disebut dengan zone UTM. Satuan ukuran yang digunakan adalah meter. UTM cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.
Proyeksi yang berbeda, menangani data dengan parameter input yang berbeda serta membuat data dengan parameter yang berbeda pula.

Sumber:
1. http://ariv.lecturer.pens.ac.id/
2. http://lbprastdp.staff.ipb.ac.id/
3. sisdl.lecture.ub.ac.id

#SISTEMPROYEKSIPETA
#REGISTERINFOVOL5
#REGISTER2018
#REGISTERUNDIP
#BESPATIALTOBESPECIAL

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *