[ REGISTER INFO ]

Halo Sptialers! Yuk kita simak info menarik berikut ini😀

LiDAR merupakan sistem penginderaan jauh aktif menggunakan sinar laser yang dapat menghasilkan informasi mengenai karakteristik topografi permukaan tanah dalam posisi horizontal dan vertikal.

Teknologi LiDAR (Laser Detection and Ranging) memiliki kegunaan dalam bidang geomatika, arkeologi, geografi, geologi, geomorfologi, seismologi, fisik atmosfer, dan lain-lain. Sebutan lain untuk LIDAR adalah ALSM (Airborne Laser Swath Mapping) dan altimetri laser.

Sensor LiDAR memiliki fungsi sebagai pemancar sinar laser ke objek dan merekam kembali gelombang pantulannya setelah mengenai target. Jenis gelombang yang dipancarkan oleh sensor laser ialah gelombang hijau dan gelombang Near Infrared (NIR). Gelombang NIR memiliki panjang gelombang +- 1500 nm yang berfungsi untuk mengukur suatu daratan topografi di permukaan bumi bukan untuk perairan.

Karena air akan menyerap gelombang NR sehingga pantulan yang diterima sensor akan sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Sedangkan gelombang hijau memiliki panjang gelombang antara 500-550 nm berperan sebagai gelombang penetrasi jika suatu sinar laser mengenai daerah perairan. Biasanya gelombang hijau digunakan untuk hydrography LiDAR yaitu untuk pengukuran batimetri atau kedalaman laut yang relatif dangkal (Alif, 2010).

Sumber
http://digilib.itb.ac.id/files/disk1/455/jbptitbpp-gdl-priskekand-22731-3-2012ta-2.pdf

#REGISTERINFO
#TEKNOLOGILIDAR
#Vol4Thn2018
#REGISTERUNDIP
#REGISTER2018
#BESPATIALTOBESPECIAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *